POST DETAIL

Senin, 27 Juni 2016 - 15:00

Nih, Tips Memanfaatkan Uang THR agar Tidak Boros

MataWanita.com - TUNJANGAN Hari Raya (THR) ibarat rezeki nomplok. Dikatakan demikian karena Anda mendapat uang tambahan sebesar satu bulan upah di luar gaji. Tapi, menggunakan THR harus bijaksana. Jangan boros hingga menguap begitu saja. Berikut empat tips agar tidak boros dalam mengeluarkan uang THR.

1. Atur Pengeluaran

Jangan habiskan seluruh uang THR untuk belanja. Buat daftar keperluan lalu atur pengeluaran dengan membagi menjadi tiga bagian. Yakni, sebesar 30 persen untuk membayar kewajiban, seperti melunasi utang, membayar THR asisten rumah tangga, bayar zakat fitrah, kemudian 10 persen untuk investasi lalu sisanya yang bisa Anda nikmati 60 persen.  

2. Bayar Kewajiban

Saat mendapat THR jangan lupakan orang yang selama ini telah banyak membantu pekerjaan rumah. Berikan juga THR untuk asisten rumah tangga Anda. Berbagilah kebahagiaan bersama orang lain. Asisten Anda pasti akan sangat senang dapat merayakan lebaran di kampung bersama keluarga.

Lunasi utang-utang seperti tagihan kartu kredit atau bayar cicilan KPR atau kendaraan bermotor. Anda tentu tak ingin bersenang-senang saat lebaran, tapi kemudian pusing memikirkan utang karena setelah Lebaran uang THR sudah habis. Sisihkan THR dari perusahaan Anda, alokasikan untuk melunasi utang dan tagihan agar Anda dapat merayakan lebaran dengan tenang.

3. Investasi

Saat mendapat uang THR pikirkan masa depan, sisihkan 10 persen dari uang THR untuk investasi. Ada macam-macam investasi yang bisa Anda pilih seperti membeli emas atau reksadana. Gunakan uang THR Anda dengan bijak jangan hanya berpikir untuk hidup hari ini. Gunakanlah uang THR untuk memperbaiki kehidupan finansial Anda di masa depan. Anda akan merasakan manfaatnya kelak. Dan, tambahan lagi Anda melakukan investasi ini secara cuma-cuma.  

4. Pengeluaran Hari Raya

Sesuai dengan tujuannya, gunakan THR untuk merayakan lebaran. Setelah dipotong sana-sini untuk melunasi utang dan investasi, sisa uang inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk Hari Raya. Seperti membeli pakaian baru, kue-kue lebaran untuk di rumah, mudik lebaran, dan memberikan uang THR kepada keponakan-keponakan atau saudara di kampung.  [tm]



MOST POPULAR