POST DETAIL

Senin, 2 November 2015 - 12:24

Lima Alternatif Penyemangat Sebelum Bekerja

MataWanita.com - BANYAK orang kerap mengandalkan kopi untuk memulai hari dan meningkatkan semangat di pagi hari. Kandungan kafein tinggi dalam kopi memang membantu Anda langsung terbangun dan aktif dengan cepat, namun konsumsi kopi juga memicu hormon kortisol yang meningkatkan tingkat stres Anda dan berisiko menimbulkan sakit kepala. Untuk Anda yang khawatir akan menjadi coffee addict, ada beberapa hal yang bisa Anda konsumsi dan lakukan untuk menyegarkan diri tanpa harus menyeret diri ke Starbucks atau mesin pembuat kopi kantor di pagi hari.

1. Teh

Belum siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada kafein? Coba teh, terutama teh hijau. Selain mengandung kafein dengan dosis lebih ringan dari kopi, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu memelihara sistem imun Anda.

Tapi jika Anda benar-benar ingin bebas dari kafein, coba teh peppermint. Aroma dan rasanya yang menyegarkan akan membuat Anda merasa siap untuk beraktivitas. Jika bisa, gunakan daun teh asli dan hindari mengonsumsi teh instan yang mengandung banyak gula.

2. Air Putih

Jangan meremehkan kekuatan air putih! Jika Anda merasa pusing dan lemas saat baru bangun, salahkan pada kurangnya cairan tubuh. Tanpa asupan cairan selama tujuh hingga delapan jam saat Anda tidur, tubuh Anda akan mulai kekeringan. Metabolisme tubuh dan kognitif yang mengatur kemampuan berpikir Anda sangat bergantung pada cairan tubuh yang memadai, jadi minum segelas atau dua gelas air dingin di pagi hari agar Anda dan tubuh Anda merasa segar dan terbangun. Efek yang sama juga bisa Anda raih sepanjang hari. Jadi jangan lupa untuk membawa botol minum ke kantor agar Anda selalu terhindar dari dehidrasi.

3. Aktivitas Fisik

Ketika Anda bergerak, aliran darah dan oksigen tersebar dengan lancar ke seluruh tubuh, termasuk otak Anda. Anda tidak perlu berolahraga sampai ngos-ngosan di pagi hari. Cukup jalan kaki ringan atau sedikit stretching selama 10 menit sudah cukup untuk memberi efek yang Anda inginkan. Lebih baik lagi jika Anda bisa keluar dan berolahraga di bawah sinar matahari pagi. Udara segar pagi hari akan membuat Anda merasa lebih segar. Tidak sempat berjalan-jalan di bawah siraman matahari? Tidak apa-apa, Anda juga boleh jalan-jalan sekitar kantor.

4. Sarapan

Ada alasan mengapa banyak yang berpendapat kalau sarapan adalah waktu terpenting dalam satu hari. Sarapan yang bergizi akan memberi asupan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas. Para ilmuwan juga telah membuktikan bahwa sarapan membuat Anda lebih mudah berkonsentrasi dan meningkatkan kemampuan otak untuk menyimpan informasi dan memori. Untuk memberi dorongan energi dan membuat Anda lebih "terbangun", hindari sarapan yang sarat karbohidrat seperti nasi uduk atau mi goreng, dan perbanyak porsi protein seperti telur atau sereal biji-bijian.

5. Musik Yang Anda Sukai

Musik yang membuat Anda senang selalu membuat Anda bersemangat, bukan? Lain kali saat Anda terkantuk-kantuk di pagi hari, langsung putar musik yang membuat tubuh ingin bergerak dan berdansa. Setidaknya Anda akan tergugah untuk mengetuk-ngetukkan kaki dan mulai bergerak ke kamar mandi untuk bersiap-siap. [end]



MOST POPULAR