POST DETAIL

Rabu, 13 Juni 2012 - 17:57

Ribka : Pemerintah Harus Siapkan Pesangon dan Pekerjaan Baru Untuk 4 Juta Buruh Tambang Yang di PHK!

Jakarta, Seruu.com - Komisi IX DPR RI menyatakan kesiapan dan tanggungjawabnya dalam fungsi pengawasan ketenagakerjaan sebagai mediator penengah konflik untuk mencari solusi yang tepat bagi para pekerja tambang yang sudah dirumahkan maupun di PHK dan yang terancam akan di PHK massal.


Pernyataan tegas ini disampaikan Ribka Tjiptaning, Ketu Komisi IX DPR RI, dalam siaran tertulisnya ia mengungkapkan dari sisi hukun pertanggungjawaban atas melakukan atau tidak melakukan sesuatu tidak bisa dikenakan langsung pada penerima akibat melainkan pada yang menjadi penyebab yaitu keneradaan Permen ESDM No 7 th 2012 yang telah mengancam terhadap PHK massal 4 juta buruh tambang.


"Maka pemerintah wajib memberikan lapangan pekerjaan kepada 4 juta pekerja tambang yang ter-PHK ini. Sangat sulit terbayangkan jika pemerintah tidak memberikan lapangan pekerjaan. Bagaimana cara mengantisipasi gejolak sosial ketika menjaddi pengangguran massal?", tegas Ribka Rabu (13/6/12).


Tak hanya itu dalam siaran persnya, Komisi IX juga meminta pemerintah segera meninjau ulang dampak terhadap ketenagakerjaan Permen ESDM no 7 dan no 11 tahun 2012. Dan jika tidak jika terjadi PHK massal maka pemerintah harus membayar pesangon para pekerja tambang, dan menyediakan lapangan kerja baru bagi pekerja yang terkena PHK.[Ain]



MOST POPULAR