POST DETAIL

Senin, 11 Juni 2012 - 18:53

Apply Online Untuk Dapatkan Eksportir Terdaftar Diduga Tidak Jalan

Jakarta, Seruu.com - Apply online persyaratan menjadi Eksportir Terdaftar bagi perusahaan tambang mineral nasional yang dibuat oleh Kadin Indonesia dengan persetujuan KESDM belum juga ada realisasi hingga sekarang, padahal seperti dijanjikan Dirjen Minerba Thamrin Sihite sistem ini akan segera berjalan.Hal ini disampaikannya saat dihubungi Seruu.com bulan Mei kemarin (25/5/2012).

"Ini rencananya begitu, kita sekarang lagi bikin online untuk syarat teknologi, jadi nanti urus syaratnya bisa lewat mana-mana tapi online," ucap Thamrin.

Kenyataannya hingga hari ini apply online tersebut tidak dipublish, bahkan sistem yang dijanjikan Bambang Sujagad minggu kemarin akan selesai dan siap diaktifkan, diakui Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik, Natsir Mansyur tidak berjalan.

"Nggak ada nggak jalan itu, denger sendiri kan tadi bagaimana keluhan pengusaha. Ini salah satu permen yang dicampuri urusannya," kata Natsir pada Senin (11/6/201212).

Kesaksian mengejutkan disampaikan Bachrul Chairi, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan (BPPKP). Pihaknya justru tidak tahu menahu mengenai isu adanya apply online tersebut.

"Secara tehnis bisa apply online ini, tapi kalau untuk isue itu saya nggak tahu.  Saya benar-benar nggak tahu itu tapi basicly bisa. Saya cuma data statistik aja. Kemungkinan betul saya nggak tahu itu," ucapnya pada Seruu.com.

Sementara itu, Bambang Sujagad saat dihubungi mengaku belum bisa dimintai keterangan seputar perkembangan apply online ini, ia hanya menjawab singkat saat dihubungi Seruu.com sejak kemarin.

"Besok aku sms, atau saya coba nanti sore. Thanks," balasnya singkat.

Apply online ini dijanjikan oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia Bidang Riset dan Teknologi, Bambang Sujagad akan memberi kemudahan dengan bisa mengirimkan semua berkas via online yang kini tengah disiapkan, tak hanya itu pernyataan C&C perusahaan tambang-pun bisa di apply melalui KADIN dengan online teknologi.

Tak hanya pernyataan C&C yang bisa di apply melalui KADIN tapi juga beberapa syarat seperti rencana proposal bisnis, pakta integritas, juga proposal pembangunan smelter di tahun 2014 sehingga pengusaha tambang bisa mendapatkan rekomendasi ekspor atau Ekspor Terbatas (ET) dari ESDM dan menjadi eksportir terdaftar dari KEMENDAG.[Ain]

 



MOST POPULAR