POST DETAIL

Jumat, 8 Juni 2012 - 19:55

LP3E Kadin, Ekspor Bisa Meningkat Asal Problem Internal Dalam Negeri Dibenahi

Jakarta, Seruu.com - Menurunnya angka kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri menurut laporan LP3E Kadin Indonesia bukan hanya karena krisis global, melainkan ada beberapa faktor lain.

Terlebih peningkatan ekonomi Indonesia sebesar 6,5% semakin menambah beratnya perkonomian karena banyak sekali kebijakan-kebijakan baru yang tidak dipikirkan dengan matang. Hal ini disampaikan Ina Primiana Anggota LP3E Kadin pada diskusi Kadin, Jumat sore(8/6/12) kepada Seruu.com.

"Kita ini sebenarnya tangguh kok, tapi ada beberapa hal yang menghambat bisnis di Indonesia, yaitu 4 hal yang utama korupsi, inefisiensi birokrasi, ketidaksiapan infrastruktur, instabilisasi policy", kata Ina.

Ina melanjutakan, "Ini harus dibenahi dulu otomatis kita bisa lebih meningkat lagi, ini karena kita punya problem internal, eksternalnya sudah kuat kita. Mereka tidak masalah dengan krisis globalnya, nggak pengaruh juga sebenarnya", jelasnya saat diwawancarai Seruu.com.

Berdasarkan laporan LP3E kinerja Ekspor April 2012 terhadap Maret 2012 turun 7,36%, sedangkan April 2012 ke April 2011 turun 3,46%. Sedangkan untuk ekspor non migas April 2012 terhadap Maret 2012 turun 8,33% dan April 2012 terhadap April 2011 turun 3,46%. Penurunan ekspor ini menurutnya perlu kerja keras, terlebih dengan pertumbuhan eknomi 6,5%, pemrintah harusnya mengeluarkan kebijakan melalui diskusi denga pengusaha.

"Potensi kita besar, tergantung pemerintah mau dukung itu semua atau nggak mulai dari fasilitas dan lainnya. Kita harus kepakkan semua potensi-potensi kita. Jangan semua bahan bakunya diimpor. Kita harus bikin industri bahan baku", tandas Ina.[Ain]



MOST POPULAR