POST DETAIL

Rabu, 6 Juni 2012 - 16:53

Puluhan Aktivis PMII Mataram Protes Dana CSR Newmont

Mataram, Seruu.com - Lebih dari 30 orang mahasiswa yang membawa atribut Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mataram, mengkritisi pengelolaan dana tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT).

Kritikan itu diungkapkan dalam orasi saat berunjuk rasa di depan kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nusa Tenggara Barat (NTB), di Mataram, Rabu (06/6/2012).  "Pengelolaan dana CSR Newmont belum sesuai harapan, dan kami mengkritisi hal ini di Bappeda selaku lembaga perencana pembangunan yang mengetahui pengelolaan dana CSR itu," kata Subroto, koordinasi aksi mahasiswa PMII Mataram itu, dalam orasinya.

Menurut mahasiswa, pengelolaan dana CSR Newmont yang nilainya lebih dari 100 miliar pada 2011 itu, belum banyak menyentuh sektor pendidikan, meskipun sudah ada gedung sekolah yang dibangun dengan dana CSR tersebut.

Kelompok mahasiswa itu juga menyoroti pemanfaatan dana CSR untuk infrastruktur jalan yang dalam prosesnya melibatkan peran politisi di DPRD sehingga berimbas kepada pemberian dana kepada para politisi. "Semestinya, dana CSR ratusan miliar itu dimanfaatkan untuk mengangkat IPM (indeks pembangunan manusia) NTB yang hingga kini masih bertahan di posisi ke-32 dari 33 provinsi di Indonesia," ujar Subroto.


Orator lainnya menyoroti peran Bappeda dalam pemanfataan dana CSR Newmont itu, yang menurut mereka belum sesuai harapan banyak pihak. Bappeda dinilai belum banyak berperan dalam mengkoordinasikan pengelolaan dana tersebut, sehingga pemanfaatan dana itu juga belum signifikan dalam mendongkrak IPM NTB.

Menanggapi kritikan mahasiswa itu, Kepala Bappeda NTB Rosiady Sayuti yang ditemui usai unjuk rasa itu, menyambut baik kritikan tersebut dan menyikapinya sebagai aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui mahasiswa.

"Setiap kritikan harus disambut baik, dan pemerintah berkewajiban menerima aspirasi itu. Hanya saja, perlu diketahui bahwa pengelolaan dana CSR Newmont merupakan kewenangan perusahaan tersebut, pemerintah menerima laporan dari perusahaan dalam konteks koordinasi," ujarnya.

Rosiady mengatakan, dana CSR Newmont pada 2011 yang nilainya mencapai Rp140 miliar, telah dimanfaatkan untuk pembangunan gedung sekolah dan infrastruktur dasar lainnya seperti jalan, dan program pemberdayaan masyarakat.

Sebagian besar atau sekitar 90 persen dana CSR Newmont 2011 itu dimanfaatkan untuk peningkatan infrastruktur. "Memang ada satu program infrastruktur yang belum rampung yakni pembangunan menara 99 di masjid akbar 'Islamic Center' dengan dukungan dana sebesar Rp30 miliar. Itu juga langsung dikelola oleh pihak Newmont,  tender dan pilihan rekanan ditentukan oleh mereka," ujarnya. [ndis]



MOST POPULAR