POST DETAIL

Selasa, 5 Juni 2012 - 17:51

Sukur Nababan, Bung Jero Wacik Selamatkan Rakyatmu!

Jakarta, Seruu.com - Rencana dibawanya PHK massal ke Konferensi Internasional Juni ini di Genewa oleh ILO dan aktivis HAM Ratna Sarumpaet, ditegaskan oleh politisi PDI-P Sukur Nababan terjadi karena tidak adanya perlindungan terhadap buruh dari pemerintah akibat implementasi dari Permen ESDM no 7 tahun 2012.

Menurutnya Menteri ESDM Jero Wacik  yang memaksa ini terjadi dengan membuat permen tanpa memikirkan sisi lain yang salah satunya nasib buruh tambang.

"Karena merasa tidak mendapat perlindungan makanya mereka lari ke ILO, ini karena Jero Wacik sendiri buat peraturan yang nggak mempertimbangkan dari banyak sisi", kata Sukur saat dihubungi Seruu.com (5/6/12)

Sukur menambahkan, dalam permen ini pemerintah membuat aturan tapi tidak ada unsur perlindungannya, justru menindas rakyat dan memberikan red carpet pada pegusaha asing. Karenanya saat bertemu Jero Wacik nanti ia ingin menegaskan pentingnya keadilan dalam peraturan yang dibuat pemerintah.

"Saya ingin ketemu langsung Jero Wacik dan berkata, Bung selamatkan rakyatmu. Sudah banyak yang terancam dan telah di PHK akibat peraturan yang mereka buat. Ini indikasi yang tidak bagus karena rakyat sampai lapor ke HAM, ada apa dengan negeri ini?", tegasnya.

Sedangkan pengamat pertambangan Salamuddin Daeng menyatakan terancamnya PHK massal pada 4 juta buruh tambang adalah tidak manusiawi pemerintah terhadap bangsanya sendiri dan hanya wujud pemerasan.

"Kalau mau hasilnya bagus atur yang benar semuanya mulai awal. Aspirasi rakyat harus dikawal, tapi nyatanya  yang memulai tindakan tidak rasional, tidak punya fisi, memeras rakyat, potong kompas hanya itu yang dilakukan pemerintah kita", tutur Daeng saat ditemui dikantornya.[Ain]



MOST POPULAR