POST DETAIL

Jumat, 1 Juni 2012 - 17:36

KADIN Janjikan Sistem Online Dispensasi Ekspor Selesai Sore Ini

Jakarta, Seruu.com - Janji KADIN untuk mempermudah pengurusan atau pemenuhan syarat untuk dapatkan Dipensasi Ekspor agar bisa melakukan ekspor mineral mentah atau raw material lagi, dipastikan sistem apply online tersebut selesai sore ini tetapi masih secara Offline. Rencananya, minggu depan baru dilakukan launching. Hal ini disampaikan  Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Indonesia Bidang Riset dan Teknologi, Bambang Sujagad saat dihubungi Seruu.com Jumat siang (1/6/2012).

"Sore ini jam 4 saya akan cek sistemnya, dan ini adalah sistem online yang dicanangkan oleh KADIN dengan persetujuan ESDM. Secepat mungkin lah ini bisa, paling nggak minggu depan jadi pengusaha yang telah memenuhi syarat bisa ekspor kembali", tutur Bambang.

Bambang juga menjelaskan bagaimana proses online apply dari KADIN ini yang nantinya akan mempermudah tanpa harus bolak-balik ke kantor pemerintahan.

"Setelah dinyatakan C&C perusahaan tesebut akan koordinatnya, lalu akan disediakan formulir pendaftaran setelah C&C dimasukkan. Kemudian disusul dengan bisnis plan dari perusahaan tersebut yang isinya kesiapan smeter di tahun 2014, dan juga pakta integritas. Yang terakhir perusahaan memberikan tujuan ekspor, sudah bayar iuran tetap daerah, berapa volume yang akan dikirim dan sudah kah membayar royalty", jelasnya.

Setelah melewati proses di atas, lanjutnya, perusahaan diperiksa secara administratif sebagai eksportir terdaftar dari Kemendag untuk dikirim kembali ke ESDM lagi untuk diteliti yang pada akhirnya mendapat rekomendasi kembali ke perdagangan untuk mendapat Dispensasi Ekspor namun hanya sampai 2014.

"Dia akhirnya bisa ekspor lagi, namun diatur dalam SK Dirjen Minerba ESDM, misalnya laporan kapal ekspornya mengirim raw material, sebelum mengirim lagi memberikan laporan pada pemerintah agar bisa dicontrol sehingga tidak jor-joran saat ekspor. Semua ada di web, jadi ini bisa mengurangi interaksi dan mempercepat proses ekspor kembali", tandasnya.

Namun pihaknya belum menjanjikan seberapa waktu yang diperlukan untuk pengurusan awal hingga tuntas, karena tergantung dari C&C perusahaan mineral tersebut. Yang pasti dengan online apply 24 jam dipastikan ini akan mempermudah semuanya, juga diharapkan apply online ini minggu depan sudah mulai aktif.[Ain]



MOST POPULAR