POST DETAIL

Rabu, 30 Mei 2012 - 17:40

Antam Klaim Telah Kantongi Izin Ekspor Bauksit dan Nikel

Jakarta, Seruu.com - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) memperoleh izin untuk melanjutkan ekspor bijih nikel dan bauksit sebesar 2,275 juta wet metrik ton (wmt) untuk tiga bulan ke depan. Perolehan izin ini akan mempertahankan kontribusi pendapatan Antam dari bijih.

"Perolehan izin ekspor bijih merefleksikan pemenuhan aspek compliance Antam yang dilandasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance terhadap regulasi Pemerintah. Selain itu, perolehan izin ini untuk menjadikan strategi dan rencana bisnis perusahaan tidak berubah dengan aspek hilirisasi di tahun 2014," ujar Direktur Utama Antam Alwinsyah Lubis dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Dijelaskannya, per akhir April lalu perseroan telah mengapalkan 2,34 juta wmt bijih nikel. Dengan diperolehnya izin ini, Antam diperbolehkan kembali melakukan pengapalan lanjutan bijih nikel sebesar 2,275 juta wmt untuk tiga bulan ke depan ke konsumen di Jepang, Eropa dan China.

Sedangkan untuk bijih bauksit, Antam telah memperoleh izin ekspor lanjutan sebesar 50 ribu wmt untuk tiga bulan ke depan ke konsumen di Jepang dan China. Hingga akhir April 2012, Antam telah mengekspor bijih bauksit sebesar 31.402 wmt. [mus]

Terkait dengan pengenaan bea keluar ekspor bijih sebesar 20% yang ditetapkan pemerintah, dirinya mengaku konsumen bijih nikel Antam telah menyatakan kesediaannya untuk menanggung beban bea keluar tersebut.

"Kita juga masih melakukan negosiasi dengan beberapa konsumen lain untuk dapat menanggung seluruh beban bea tersebut," ungkap Alwinsyah.



MOST POPULAR