POST DETAIL

Rabu, 30 Mei 2012 - 15:23

12 Blok Migas Dilelang di Irak

Baghdad, Seruu.com - Irak akan menawarkan selusin blok eksplorasi minyak dan gas dalam lelang dua hari dimulai Rabu (30/5/2012). Baghdad berharap akan meningkatkan cadangan dan memperkuat posisinya sebagai produsen utama.

"Kementerian minyak telah menyimpulkan persiapan akhir untuk putaran lelang keempat, yang akan mencakup 12 lokasi di seluruh Irak," kata juru bicara kementerian minyak, Assem Jihad, kepada AFP.

Blok-blok eksplorasi termasuk tujuh yang dianggap mengandung gas dan lima yang dipercaya mengandung minyak. Secara keseluruhan, 47 perusahaan telah mengajukan tawaran pra-kualifikasi.

Irak memiliki cadangan terbukti 143,1 miliar barel minyak dan 3,2 triliun meter kubik (111,9 trliun kaki kubik) gas, yang keduanya adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Seperti pada lelang sebelumnya, Irak akan meminta perusahaan asing yang setuju untuk mengeksplorasi blok-blok untuk bekerja berdasarkan kontrak jasa harga tetap, bukan kesepakatan pembagian produksi.

Baghdad juga mewajibkan perusahaan pemenang kontrak tidak menandatangani perjanjian dengan wilayah otonomi Kurdi, atau otoritas sub-nasional lain, tanpa persetujuan pemerintah pusat.

Persyaratan baru diberlakukan karena Baghdad dan pemerintah Kurdi di Arbil berselisih atas penyebaran pendapatan minyak, dan dengan UU Migas yang akan mengatur sektor tersebut masih mendekam di parlemen.

Yang penting lagi, ExxonMobil, tidak akan mengambil bagian dalam pelelangan, setelah Baghdad melarang raksasa energi AS itu karena telah menandatangani kesepakatan dengan wilayah Kurdi tanpa "lampu hijau" pemerintah pusat.[ant]



MOST POPULAR