POST DETAIL

Jumat, 25 Mei 2012 - 20:52

Penyaluran LPG 3kg Yang Over Kuota Dikhwatirkan Memicu Penyalahgunaan

Jakarta, Seruu.com – Penyaluran LPG 3 kg pada kuartal pertama tahun ini diatas target dengan kuota mencapai 4,9%, yaitu 1,23 juta metric ton (MT). Angka ini 4,9% di atas target kuota yang ditetapkan sehingga memerlukan upaya penataan jalur distribusi agen sampai ke masyarakat Untuk memastikan LPG 3 kg tepat sasaran.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya Yuktyanta mengatakan Pertamina sebagai pelaksana konversi minyak tanah ke LPG 3 kg mendapatkan penetapan kuota penyaluran tahun ini mencapai 3,61 juta MT. Berdasarkan kuota tahunan tersebut, perusahaan memproyeksikan penyaluran LPG 3 kg di kuartal pertama tahun ini mencapai 1,17 juta MT.

“Jika trend seperti kuartal pertama berlanjut, di khawatirkan kuota penyaluran LPG 3 kg tahun ini terlampaui. Kemungkinan penyaluran bisa mencapai 3,75 MT atau 3,9 persen di atas kuota,” kata Hanung dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/5/2012) malam.

Untuk realisasinya, lanjut Hanung,  penyaluran di kuartal pertama tahun ini bisa menjadi indikasi awal kemungkinan terjadinya penyalahgunaan LPG 3 kg dan saat ini, perseron tengah serius melakukan penataan jalur distribusi bahan bakar bersubsidi untuk memastikan LPG 3 kg diterima oleh yang berhak.

"Ini juga mencegah pengoplosan untuk menjamin keamanan penggunaan LPG. Mengingat insiden yang terjadi seringkali disebabkan oleh LPG oplosan,” tambahnya.

Untuk sistem penataan jalur distribusi. menurutnya akan dilakukan dari agen sampai ke masyarakat konsumen. Penataan ini juga dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan distribusi tertutup sehingga LPG 3 kg bisa tepat sasaran. Sistem penataan yang dilakukan dengan pendataan ulang terhadap pangkalan dan kemampuannya dalam menyalurkan LPG 3Kg kepada masyarakat menggunakan referensi data pangkalan yang terdaftar serta dilaporkan para agen LPG 3Kg. Pendataan ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan membuat kartu kendali bagi pengguna LPG 3kg.

“Jadi, ada kepastian bagi masyarakat yang berhak untuk mendapatkan alokasi LPG 3Kg,” pungkasnya.[Ain]



MOST POPULAR