POST DETAIL

Kamis, 24 Mei 2012 - 13:50

Terancam Menganggur Serikat Pekerja Tambang SPARTAN Minta Permen 07 Dibatalkan

Jakarta, Seruu.com - 200 perwakilan dari pekerja tambang yang tergabung dalam Solidaritas Para Pekerja Tambang Nasional (SPARTAN) hari ini mendatangi DPR. Rencananya para perwakilan tambang ini akan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi IX DPR RI.

Spartan melihan bahwa terbitnya Pemen ESDM 07/tahun 2012 tentang peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral membuat ribuan perusahaan tambang mineral nasional dalam negeri di Indonesia terancam tertutup akibat kebijakan ini.

Singkatnya waktu yang diberikan yaitu 3 bulan dari kebijakan Permen 07 tersebut maka sangat tidak mungkin perusahaan-perusahaan tambang nasional dalam negeri dapat membangun smelter. Hal ini jelas menciptkan ancaman penutupan terhadap ribuan perusahaan tambang nasional dalam negeri karena tidak bisa memenuhi peraturan yang dinilai tidak adil. Dan terkesan cuma akal-akalan dari pemerintah untuk memberi hak ekslusif monopoli bagi para perusahaan tambang multinasional yang memiliki kontrak karya dimana para perusahaan pemegang kontrak karya justru diberi waktu selama 5 tahun dalam UU Minerba.

Ancaman penutupan ribuan perusahaan tambang nasional dalam negeri lewat Permen 07 ini tentu akan berdampak pada PHK massal jutaan pekerja tambang yang bekerja di perusahaan nasional tersebut.

"SPARTAN menganggap bahwa pemerintah telah melakukan pembunuhan terhadap sumber kehidupan kami dan keluarga kami dengan terbitnya Permen yang tidak adil bagi perusahaan tambang kami bekerja." pungkas Arsan, salah seorang humas Spartan kepada Seruu.com di DPR, Kamis (24/05/2012).

Lanjutnya, Kami pun melihat pemerintah telah melakukan fungsi terbalik, dimana seharusnya menciptakan jutaan lapangan kerja bagi rakyatnya, justru sekarang malah sebaliknya malah menciptakan jutaan pengganguran.

"Oleh karena itu kami meminta DPR menjadi benteng terakhir bagu tuntutan utama kami, segera batalkan dan cabut Permen 07 demi kelangsungan hidup jutaan pekerja tambang nasional dalam negeri!" tegasnya. [Cesare]



MOST POPULAR