POST DETAIL

Jumat, 18 Mei 2012 - 19:22

Harga Minyak Dunia Turun di Perdagangan Asia Hari Ini

Jakarta, Seruu.com - Harga minyak memperpanjang penurunan di perdagangan Asia hari ini karena meningkatnya kekhawatiran bahwa kesulitan utang zona euro yang bisa memburuk menyebabkan krisis global yang akan merusak permintaan energi.

Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, turun 90 sen menjadi 91,66 dolar AS per barel, sedangkan minyak mentah Brent North Sea untuk Juli merosot 99 sen menjadi 106,50 dolar AS pada sore hari.

Minyak mentah WTI ditutup pada 92,56 dolar AS per barel di perdagangan New York pada Kamis, tingkat terendah sejak 1 November, sedangkan Brent turun 2,26 dolar AS menjadi 107,49 dolar AS, terendah sejak 30 Desember 2011.

Harga minyak telah jatuh banyak setelah melonjak didukung ketegangan Timur Tengah awal tahun ini.

Harga WTI sekarang 17 persen lebih rendah dari harga kontrak tertinggi tahun ini 110,68 dolar AS pada 24 Februari. Brent telah kehilangan sekitar 15 persen dari puncaknya tahun ini 125,61 dolar AS yang dicapai pada 23 Maret.

"Sebuah pelemahan sentimen telah membawa harga minyak turun tajam ... karena kekhawatiran utang negara sebuah elemen kunci pada hilangnya kepercayaan dalam ekonomi, dan karenanya permintaan, prospek," kata Barclays Bank dalam sebuah komentar.

"Pertarungan kekhawatiran saat ini muncul dari bangkitnya kembali ketakutan tentang sistem perbankan Spanyol dan Italia serta spekulasi bahwa Yunani mungkin harus keluar dari euro," katanya menambahkan.

Di Yunani, sebuah pemerintahan teknokrat sementara menjabat pada Kamis untuk menyelenggarakan pemilihan umum kedua negara yang dilanda utang itu, hanya dalam enam minggu setelah pemilu tidak meyakinkan pada 6 Mei.

Jajak pendapat meninggalkan Yunani dalam limbo, mendorong pasar keuangan dan euro turun tajam, dan pemilihan umum baru pada 17 Juni tidak menawarkan jaminan pemerintahan yang layak dapat menerapkan bailout Uni Eropa-IMF yang telah memecah negara itu.

Pasar juga tertekan oleh data resmi yang menunjukkan Spanyol - ekonomi zona euro lain yang lumpuh oleh utang - jatuh ke dalam resesi karena kontraksi 0,3 persen pada kuartal pertama 2012.

Spanyol menghimpun 2,494 miliar euro (3,16 miliar dolar AS) dalam penjualan obligasi pemerintah tiga dan empat tahun pada Kamis, namun terpaksa membayar suku bunga lebih tinggi, sebuah tanda meningkatnya kekhawatiran atas posisi utang negara. [ms]



MOST POPULAR