POST DETAIL

Kamis, 10 Mei 2012 - 21:44

Wah Demi Permen ESDM 07 PLN Impor Listrik Dari Negeri Tetangga

Jakarta, Seruu.com - Menjawab pertanyaan pengusaha tambang nasional yang mempertanyakan kesiapan infrastruktur energi pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listrik demi pembangunan smelter, PLN  menegaskan bahwa pihaknya akan memenuhi hal tersebut dengan jalan pintas, impor listrik.

Menurut Dirut PT PLN, Nur Pamudji, dengan Permen ESDM 07/2012 akan terjadi peningkatan penggunaan listrik di daerah pertambangan, seperti halnya di daerah Kalimantan dan Sumatera. Untuk itu ia menilai impor menjadi langkah yang mutlak dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan listrik bagi indutsri yang membangun pabrik pemurnian dan pengolahan bahan mineral tambang (smelter).

"Agar ketersedian listrik tidak terbatas oleh PLN, kalau memang bisa dilakukan impor kenapa tidak," ujar Nur Pamudji, di Tangerang, Kamis (10/5/2012). Kebutuhan listrik untuk satu smelter setidaknya membutuhkan listrik 1.250 mega watt.

Di satu sisi, lanjut Pamudji, pembangunan industri peleburan bahan baku mineral tersebut merupakan peluang besar bagi PLN untuk menyediakan listrik."Karena itu kami sudah mengantisipasi untuk pemenuhan kebutuhan pasokan tersebut dan langkah-langkah termasuk impor listrik kalau perlu," ujarnya.[mus]



MOST POPULAR