POST DETAIL

Selasa, 8 Mei 2012 - 21:11

Jero Wacik Abaikan Tuntutan Gubernur Se-Kalimantan Soal Kuota BBM

Jakarta, Seruu.com - Pemerintah memastikan tidak akan memenuhi permintaan jatah alokasi tambahan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi wilayah Kalimantan.  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan, masing-masing daerah telah diberikan kuota sesuai realisasi konsumsi tahun sebelumnya. Tidak ada ada pengurangan jatah alokasi.

"Jadi kepala-kepala daerah jangan ancam-ancamlah. Tidak baik. Kalau tambah di Kalimantan, di daerah lain harus dikurangi," ujar Jero di sela acara penandatanganan Kesepakatan Jual Beli Gas Bumi di Kantor BP Migas, Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Menurutnya, tidak ada daerah yang mendapat alokasi BBM bersubsidi sesuai kemauan. Dengan demikian, jika kebutuhan bahan bakar terus meningkat akibat pesatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, jatah yang diberikan harus dipergunakan sebaik-baiknya.

Di sisi lain, sebagai daerah penghasil tambang terbesar di Tanah Air, Jero mengimbau para kepala daerah di Kalimantan untuk memerangi penyeludupan dan penimbunan BBM bersubsidi yang banyak terjadi di wilayah tersebut.

"Jangan sampai industri beli BBM bersubsidi di SPBU-SPBU untuk masyarakat. Kalau diserap industri, gimana masyarakat mau cukup?" ujarnya. [ms]



MOST POPULAR