POST DETAIL

Selasa, 8 Mei 2012 - 13:53

Dahlan Iskan Perintahkan Pertamina Beli Minyak Dari Kilang Bukan Dari Pedagang

Jakarta, Seruu.com -Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengimbau PT Pertamina Persero membeli bahan bakar minyak dan minyak mentah langsung dari sumbernya, bukan dari pedagang. "Kami sudah membahas kemungkinan Pertamina mengimpor BBM dan minyak mentah dari sumbernya," kata Iskan, saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (08/5/2012).

Menurut Dahlan, Pertamina sebagai perusahaan minyak terbesar seharusnya mengimpor minyak dari kilang-kilang minyak. "Saat ini, Pertamina tengah mengkaji rencana pembelian BBM dan minyak dari sumber minyak tersebut," ujar Dahlan.

Untuk merealisasikan rencana itu, Dahlan menyetujui langkah Pertamina untuk mengakuisisi ladang minyak yang terdapat di Timur Tengah. "Itu salah satu usulan yang kami berikan agar mereka memiliki sendiri," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko Pertamina, Afdal Bahaudin, mengungkapkan, dana hasil penawaran obligasi global senilai 2,5 miliar dolar AS, salah satunya untuk membiayai akuisisi.

Penawaran obligasi Pertamina mendapatkan respons positif dari investor global. Permintaan investor pada masa penawaran mencapai 9,3 miliar dolar AS, atau mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga lebih dari 3,7 kali. [ms]



MOST POPULAR