POST DETAIL

Senin, 7 Mei 2012 - 13:59

Gubernur : BP Migas Incar Potensi Minyak di Pati

Semarang, Seruu.com - Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, mengungkapkan Badan Pengelola Kegiatan Hulu Minyak dan Gas mengincar potensi minyak bumi di wilayah Kabupaten Pati, di pantai utara Jawa. "Ada indikasi positif kandungan minyak di wilayah Pati," kata gubernur usai menggelar pertemuan dengan BP Migas wilayah Jawa Timur, Papua, dan Maluku, di Semarang, Senin (07/5/2012).

Ia menjelaskan, ekplorasi sudah mulai dilakukan oleh investor di Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Ia mengharapkan, potensi minyak tersebut benar-benar nyata dan menghasilkan. "Potensi minyak ini harus mampu menyejahterakan masyarakat setempat," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, terdapat dua wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi memiliki kandungan minyak, yakni Blora dan Pati. Ia mengakui, investasi yang dibutuhkan untuk ekplorasi minyak tersebut cukup besar. "Sekali pengeboran butuh sekitar Rp30 miliar. Ini sudah dua kali pengeboran, tapi masih nol," katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BP Migas wilayah Jawa Timur, Papua, dan Maluku, Hadi Prasetyo mengatakan, eksplorasi potensi minyak di Pati sudah dilakukan. Menurut dia, investor yang sudah mulai melakukan ekplorasi yakni PT Saleraya, namun belum menunjukkan hasil yang nyata. "Besaran potensi minyak di Pati masih dalam perhitungan," katanya. [ndis]



MOST POPULAR