POST DETAIL

Jumat, 4 Mei 2012 - 21:59

Menteri ESDM Bela Chevron : Tidak Ada Proyek Fiktif

Jakarta, Seruu.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan perusahaan perminyakan Chevron tidak akan melakukan proyek fiktif terkait penggunaan teknologi bioremediasi untuk memulihkan lahan tercemar oleh crude oil atau minyak mentah.

"Kami sudah mengecek, proyek itu (bioremediasi) ada. Nggak ada yang fiktif," kata Jero kepada wartawan di Jakarta. Jumat (04/5/2012).

Menteri ESDM merasa yakin bahwa Chevron tidak akan mungkin membuat proyek fiktif. "Masa` perusahaan sekelas Chevron mau melakukan proyek fiktif. Tidak mungkin itu," katanya.

Ia mengatakan, sebuah tim sudah dikirim ke sana (Riau) sehingga kalaupun fiktif maka pemerintah pasti akan menindaknya. "Namun feeling (perasaan) saya tidak fiktif," katanya.

Jero Wacik mengatakan, BP Migas juga sudah meneliti proyek bioremediasi yang dilakukan oleh Chevron. "BP Migas juga sekarang sedang meneliti proyek bioremediasi (Chevron)," katanya.

Bioremediasi merupakan proses biologi untuk memulihkan lahan tercemar oleh minyak mentah atau crude oil dengan menggunakan bantuan mikroba yang akan mengurai bahan pencemar di dalam tanah.

Kementerian Lingkungan Hidup telah mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 128/2003 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengolahan Limbah Minyak Bumi dan Tanah Terkontaminasi oleh Minyak Bumi Secara Biologis. [ms]



MOST POPULAR