POST DETAIL

Jumat, 27 April 2012 - 11:59

Harga Minyak Alami Penurunan di Perdagangan Asia

Seruu.com - Harga minyak turun di perdagangan Asia, Jumat (27/4/2012). Kontrak utama New York, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni turun 40 sen ke posisi 104,15 dolar AS per barel. Minyak mentah Brent North Sea juga penyerahan Juni turun 36 sen menjadi 119,56 dolar AS pada perdagangan pagi.

Harga minyak melorot di tengah meningkatnya kekhawatiran seputar memburuknya finansial zona euro setelah lembaga pemeringkat Standard & Poor mengumumkan merosotnya peringkat utang Spanyol. "Penurunan peringkat utang S&P atas Spanyol adalah berdampak negatif pada pasar minyak, mendorong harga turun dan terjadi pelemahan euro," kata Ken Hasegawa, energy desk manager pada pialang Newedge di Jepang.  "Kesulitan zona euro menyebabkan sedikit terjadi kekhawatiran seputar permintaan," tambahnya.

Lembaga pemeringat S&P Kamis menurunkan peringkat Spanyol menjadi BBB-plus dan menambah 'outlook' negatif, sehingga diperkirakan ekonomi Spanyol terus melemah baik untuk tahun ini maupun tahun depan.

Lembaga itu juga memperingatkan bahwa situasi anggaran pemerintah memburuk. Bank-bank kemungkinan akan berlomba meningkatkan sumber-sumber resmi untuk pendanaan karena kehilangan kepercayaan dengan pinjaman yang buruk, terutama di sektor real estate.

Sementara data pendapatan yang melemah dari bank-bank terkemuka zona euro juga menambah melemahnya tingkat kepercayaan zona Eropa selama April dengan indeks sentimen bisnis turun ke tingkat terendah dalam 14 bulan terakhir. [ms]



MOST POPULAR