POST DETAIL

Selasa, 24 April 2012 - 14:37

Harga Emas Diprediksi Alami Penurunan

Seruu.com - Harga emas bisa menurun untuk hari kedua di tengah kekhawatiran krisis utang Eropa dapat memperburuk, meningkatkan nilai dolar. Spot emas sedikit berubah pada US$1.636,85 per troy ounce pukul 9.43 di Singapura setelah turun 0,2% sebelumnya.Logam ini jatuh ke US$1.623,55 kemarin, level terendah sejak 5 April akibat kekhawatiran bahwa iklim politik di Belanda dan Perancis dapat mempersulit upaya Eropa untuk mengatasi krisis utang.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte berbicara di parlemen hari ini setelah pengunduran diri kabinetnya untuk memecahkan kebuntuan atas penghematan lebih lanjut. Di tempat lain, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Francois Hollande akan berhadapan dalam pemilihan putaran kedua 6 Mei. Hollande mengatakan kemarin bahwa penghematan telah mengobarkan rasa putus asa.

"Kekhawatiran meningkat atas hasil pemilu Belanda dan Perancis dan dampaknya akan ke krisis utang yang sedang berlangsung di Eropa," tulis Lachlan Shaw, analis Commonwealth Bank of Australia.

Data menunjukkan tingkat utang pemerintah dari wilayah euro naik menjadi 87,2% dari produk domestik bruto tahun lalu, tertinggi sejak penggunaan mata uang tunggal pada 1999. Laporan terpisah menyebutkan manufaktur di zona euro dan China terkontraksi.

Emas untuk penyerahan Juni naik 0,4% menjadi US$1.638,70 per ounce di Comex di New York, setelah turun ke level terendah dalam 2 minggu kemarin. Harga emas dengan kemurnian 99,99% turun menjadi 331,65 yuan per gram (US$1.644,08 per ounce), harga terendah sejak 6 April. [bloomberg/ms]



MOST POPULAR