POST DETAIL

Sabtu, 21 April 2012 - 11:28

Mobil Plat Merah Siap-Siap Pakai Pertamax

Jakarta, Seruu.com - Kendaraan plat merah nampaknya akan menjadi sasaran pertama terkait program pemerintah tentang pengendalian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang rencananya akan diumumkan oleh pemerintah dalam waktu dekat ini.

Apabila hal ini terlaksana, maka mobil dinas pemerintah tersebut akan dikategorikan sebagai kendaraan yang wajib menggunakan bahan bakar jenis Pertamax.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Dr ikhsan modjo selaku pengamat ekonomi dalam diskusi polemik 'BBM Bikin Galau' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/04/2012)

"Itu (pengendalian BBM) akan diputuskan tapi secara bertahap, mobil plat merah yang pertama yang harus pakai pertamax," kata Ikhsan.

Dia juga menilai langkah pemerintah untuk mengurangi beban subsidi dengan melakukan pembatasan BBM adalah langkah yang tepat, dibandingkan dengan menaikan harga. Terlebih, menurut Ikhsan menaikan harga BBM memiliki dampak politik yang sangat besar.

"Pengendalian lebih baik dari segi dampak politik. Kalau kita ngomong pengendalian ya tidak ada dusta diantara kita," bebernya.

Kendati demikian, menurut Ikhsan, langkah pemerintah seharusnya tidak berhenti pada program pengendalian saja. Namun, pemangku kepentingan harus memikirkan terobosan jangka panjang dalam hal mencari energi alternatif terbarukan untuk kepentingan masyarakat.

"Tapi jangan stop pada pengendalian, tapi harus ada konversi," tandasnya.

Seperti yang diketahui, pemerintah melalui Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan akan mengkaji kebijakan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) berubsidi. Menurutnya, kebijakan tersebut akan disampaikan Presiden pada pidato dan paparan sidang kabinet pada 24 April 2012 mendatang. Dan Presiden, lanjut Hatta akan menyampaikan kebijakan tersebut sebelum 1 Mei 2012. [nurholis]



MOST POPULAR