POST DETAIL

Kamis, 19 April 2012 - 09:06

Warga Dukung PT Freeport Sponsori Berbagai Kegiatan Untuk Angkat Budaya Suku Kamoro

Timika, Seruu.com - Tokoh pemuda Mimika, Papua, Yohanes mendukung kerja sama antara PT Freeport Indonesia, Universitas Indonesia dan Universitas Cenderawasih untuk mensponsori berbagai kegiatan dalam rangka mengangkat budaya masyarakat lokal suku Kamoro di Mimika.

"Sebagai masyarakat lokal tentu kami sangat mendukung kerja sama tersebut. Sebagai universitas terkemuka di Indonesia, kita mengharapkan kontribusi nyata dari UI dalam melakukan kajian dan penelitian sosial budaya masyarakat lokal di Mimika terutama suku Kamoro dan Amungme," kata Yohanes di Timika, Kamis (19/4/2012).

Pada 9 April lalu, PT Freeport Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Pusat Kajian Papua Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia, dan Universitas Cenderawasih (UNCEN) yang mencakup program pertukaran mahasiswa, kuliah tamu oleh dosen FISIP UI ke UNCEN, program pelatihan untuk staf akademis UNCEN, penyelenggaraan Pekan Budaya Kamoro, pembuatan dan publikasi buku Kamoro dengan jangka waktu satu tahun.

Penandatanganan MoU dilakukan pada acara peresmian Pusat Kajian Papua (Papua Center) FISIP UI bertempat di Kampus UI Depok, antara Presiden Direktur PT Freeport, Rozik B Soetjipto, Direktur Eksekutif Papua Center FISIP UI Prof DR Bambang Shergi Laksmono MSc dan Rektor UNCEN Drs Festus Simbiak MPd.

PACE-UI dibentuk oleh FISIP UI dengan misi sebagai jembatan akademis dan budaya dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempromosikan budaya Papua.

Meskipun keberadaan Papua Center di bawah naungan FISIP UI, namun dalam praktiknya mengikutsertakan pula jurusan ilmu lainnya.

Rrektor UI, Prof DR Gumilar Rusliwa Sumantri saat peresmian Papua Center FISIP UI itu berharap hasil studi yang dilakukan Papua Center dapat memberikan perspektif lain dan menjadi masukan bagi Pemerintah Pusat dalam menjalankan pembangunan Papua.

Dalam Nota Kesepahaman Bersama lainnya, PT Freeport dan UNCEN sepakat bekerja sama dalam program pengembangan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa, guru, peneliti serta melakukan diseminasi informasi dari hasil studi yang disepakati.

Pejabat Sementara Rektor UNCEN, Drs Festus Simbiak MPd memberikan tanggapan positif atas ditandatanganinya nota kesepahaman bersama dengan PT Freeport dan FISIP UI.

"Marilah kita melihat secara positif hubungan kerja sama ini, yang akan menjadi kekuatan baru bagi pembangunan di Papua," ujar Festus Simbiak.[ant]



MOST POPULAR