POST DETAIL

Selasa, 17 April 2012 - 07:15

Pembangunan PLTU Anggrek Batal di Pindahkan Ke Sumatera

Gorontalo, Seruu.Com - Pembangunan PLTU Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara  yang sebelumnya akan dialihkan ke wilayah Sumatra,akhirnya batal dilakukan oleh PLN pusat.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan pembatalan itu dilakukan, menyusul permintaan pemprov yang berjanji akan segera menyelesaikan pembangunan PLTU pada tahun 2013. "Beberapa waktu lalu saya menemui Dirut PLN, meminta diberi kesempatan lagi untuk merampungkan PLTU dan akhirnya disetujui," ungkapnya saat meninjau PLTU Anggrek, Senin (16/4).

Sebelumnya, pengalihan dilakukan karena pembangunan PLTU Anggrek di Gorontalo tak kunjung selesai dalam beberapa tahun terakhir. Padahal pada target awal pembangunan PLTU tersebut sudah selesai tahun 2010, untuk mengatasi krisis listrik di Gorontalo.

Namun pembangunan masih mengalami kendala yakni masalah hukum terkait pembebasan lahan. "Akibatnya jadwal pekerjaan pembangunan oleh pihak kontraktor juga turut terganggu," jelasnya.

Kondisi itu juga akhirnya berdampak pada habisnya waktu serta pemutusan kontrak oleh PLN. Ia menambahkan, PLTU yang dibangun berkapasitas 2X25 Mega Watt dan mampu memenuhi kebutuhan listrik di daerah itu.



MOST POPULAR