POST DETAIL

Selasa, 10 April 2012 - 11:59

PKB Desak Moratorium Sementara Ekspor Minyak

Jakarta, Seruu.com - Ketua Fraksi PKB DPR RI, Marwan Ja'far meminta pemerintah untuk menghentikan sementara ekspor minyak karena kebutuhan BBM dalam negeri belum terpenuhi selama ini. "Kebutuhan BBM dalam negeri belum tentu terpenuhi, tapi anehnya kenapa minyak Indonesia selalu diekspor. Sedangkan negara sendiri malah mengimpor minyak. Ini kan aneh," ujar Marwan dalam diskusi yang digelar Gemasaba (Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa) di Jakarta, Senin (09/4/2012).

Menurut dia, sumber-sumber energi yang ada di negeri ini harus lebih dimaksimalkan untuk pemenuhan energi dalam negeri lantaran kebutuhan energi kian tinggi di masyarakat.

"Tingginya kebutuhan energi ini karena dampak pesatnya pertumbuhan ekonomi kita. Ironisnya, Indonesia dipaksa untuk mengikuti mekanisme harga pasar dunia. Ini yang membuat kita tidak bisa mandiri. Padahal Indonesia adalah penghasil minyak dengan kualitas bagus," urai Marwan yang juga Ketua Dewan Pembina Gemasaba.

Ia menilai, kekayaan gas alam dan batubara selalu ada sepanjang matahari masih bersinar sehingga kekayaan sumber daya alam itu selalu terbarukan dan tersedia dalam jumlah yang tak terhingga.  "Namun ini semua belum termanfaatkan secara optimal. Buktinya, sumber daya yang ada masih banyak dimanfaatkan orang asing," tuturnya.

Lebih lanjut Marwan mengatakan bahwa partainya mendorong pemerintah agar lebih memaksimalkan pemanfaatan energi untuk kebutuhan di dalam negeri sendiri.  "Organisasi sayap kami, Gema Saba akan kami terjunkan untuk memaksimalkan penggunaan energi. Semua kekuatan kami akan dikerahkan," pungkasnya. [ant]



MOST POPULAR