POST DETAIL

Senin, 19 Maret 2012 - 06:00

Ketua KADIN BATAM : BLT Picu Konsumerisme Masyarakat!

Batam, Seruu.com - Pemberian Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat kurang mampu sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak memicu konsumerisme. Hal itu dikatakan Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah Kota Batam terpilih Nada Faza Soraya di Batam, Minggu (18/3/2012). "Pemberian BLT itu tidak sehat karena memicu konsumerisme," kata Nada

Menurut dia, masyarakat kecil yang memiliki banyak kebutuhan akan langsung membelanjakan uang BLT, bukan menginvestasikannya. "Begitu dapat duit, masyarakat langsung lari ke mall, karena mereka punya banyak kebutuhan," kata dia.

Sementara itu, Nada meminta pemerintah memberikan subsidi BBM kepada kapal pambawa sembako, untuk menekan inflasi.

Terpisah, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan pola bantuan langsung tunai (BLT) bukan merupakan solusi terbaik untuk membantu warga keluar dari kemiskinan.

"Pola bantuan dengan membagi langsung uang kepada setiap orang, bukan langkah yang baik, karena akan tetap memberikan ruang bagi warga miskin untuk terus menengadahkan tangannya mengharapkan bantuan pemerintah," kata Megawati.

Menurut dia, bantuan sebaiknya diberikan dalam bentuk pembangunan infrastruktur di pedesaan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri. "Kan bisa dibuat jalan atau fasilitas umum di desa dan itu lebih bermanfaat untuk masyarakat," kata Megawati.

Jika pola bantuan dengan membagi langsung uang tunai kepada setiap orang, bukan langkah yang baik karena akan tetap memberikan ruang bagi warga miskin untuk terus mengharapkan bantuan pemerintah. [nis[]



MOST POPULAR