POST DETAIL

Selasa, 6 Maret 2012 - 11:21

Di Perdagangan Asia, Yen Melemah Terhadap Dolar Dan Euro

Tokyo Seruu.com - Yen melemah terhadap dolar dan euro di perdagangan Asia Selasa karena para investor menyesuaikan posisi mereka.

Dolar diperdagangkan pada kisaran 81,42 yen di Tokyo pada perdagangan pagi, turun dari 81,53 yen di New York Senin (5/3/2012) malam.

Sementara euro dipindahtangankan pada posisi 1,3223 dan 107,58 yen dibanding dengan 1,3218 dolar dan 107,76 yen.

"Meski terjadi berbagai risiko akibat menguatnya yen yang muncul dari penyesuaian posisi para investor setelah kinerja bursa di Eropa dan Amerika Serikat ....dolar akan tetap melemah terhadap yen dan mungkin mencapai pada level 82 yen," kata Masafumi Yamamoto, pimpinan `currency strategist` pada Barclays Capital.

"Melemahnya surplus neraca berjalan Jepang dan kekhawatiran dari penurunan peringkat, bersamaan dengan pemulihan ekonomi Amerika Serikat serta ekspektasi pelemahan moneter lagi--di mana dolar tetap didukung berbagai faktor," katanya.

Jepang mencatat defisit perdagangan pada Januari, data menunjukkan bulan lalu, karena impor bahan bakar naik menyusul bencana nuklir di negara itu tahun lalu, sementara ekspor terpukul oleh penguatan yen dan melemahnya permintaan di Eropa.

Surplus neraca berjalan Jepang mencatat penurunan 43,9 persen pada 2011 ke tingkat rendah dalam 15 tahun.[ant]



MOST POPULAR