POST DETAIL

Jumat, 2 Maret 2012 - 19:59

Komisi VII DPR : Keputusan Kenaikan BBM Tunggu Pembahasan APBN-P

Palembang, Seruu.com - Keputusan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan pada akhir Maret 2012 sudah ada keputusan jika telah selesai di pembahasan APBN perubahan.  Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI, H Totok Daryanto menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai kepastian kenaikan bahan bakar minyak (BBM) di Palembang, Jumat (02/3/2012).

"Mungkin pada akhir Maret 2012 sudah ada keputusan, kalau selesai di pembahasan APBN perubahan.
Kalau tidak selesai, bisa molor setelah April 2012, karena sudah memasuki masa reses DPR RI," ujarnya, Jumat (02/3/2012).

Ia mengatakan, sekarang ini mengenai kenaikan BBM itu belum final, karena mekanismenya pemerintah harus mengajukan perubahan APBN kepada DPR RI. "Sekarang sudah diajukan maka dalam waktu dekat ini di DPR RI akan ada pembahasan, khususnya Komisi VII terhadap rencana kenaikan yang diusulkan pemerintah melalui pengajuan APBN Perubahan.Kita belum memutuskan berapa kenaikannya, kalau wacananya sekitar Rp1.500, " ujarnya.

Ia menuturkan, kelihatannya soal kenaikan ini hampir sudah menjadi kesepakatan berbagai pemangku kepentingan baik dari pemerintah, pandangan DPR RI dan pengamat, tokoh-tokoh masyarakat hampir semuanya menyatakan memilih untuk kenaikan. "Akan tetapi, kenaikannya bisa ditolerir dan tidak memberatkan bagi masyarakat," imbuhnya.

Sementara mengenai mana kenaikan yang lebih dahulu BBM atau listrik, ia menuturkan bahwa persoalannya bukan pada kenaikan itu sendiri, tetapi adalah pada kepentingan nasional untuk bisa memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat.  "Saya tidak berpikir mana yang duluan naik. Saya kira persoalannya, bukan lomba naik, tetapi persoalan mengatasi persoalan-persoalan yang terkait dengan energi ini dan mana pilihan-pilihan yang terbaik," pungkasnya. [ms]



MOST POPULAR