POST DETAIL

Selasa, 28 Februari 2012 - 15:52

Pramono Anung : Pemerintah Jangan Berpolemik, Soal BBM Segera Masukan Usulan ke DPR!

Jakarta, Seruu.com - Wakil Ketua DPR, Pramono Anung meminta pemerintah jangan memicu polemik di masyarakat dengan mewacanakan terlalu lama mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak kepada publik sementara tindakannya belum dilakukan. Menurut mantan Sekjend PDI Perjuangan tersebut semestinya pemerintah segera mengajukan usulan ke DPR agar hal tersebut bisa dibahas di kalangan Dewan.

"Jangan diwacanakan terlalu lama di publik, tapi segera diusulkan ke DPR. Kewenangan untuk putuskan kenaikan itu sepenuhnya ada pada pemerintah," kata Pramono seusai rapat paripurna di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Pramono mengatakan, jika belum siap, sebaiknya pemerintah mematangkan rencana itu terlebih dulu sebelum mengungkapkan ke publik. Jika dipolemikkan, tambah dia, akan menimbulkan kontraproduktif. "Kalau terjadi polemik yang berkepanjangan kan ini orang-orang akan siap-siap untuk memanfaatkan polemik ini. Jadi lebih baik segera dimasukkan usulan itu. Nanti secara resmi DPR akan memberikan reaksi atas usulan tersebut," ucap politisi PDI-P itu.

Seperti diberitakan, rencana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi terbentur Pasal 7 Undang-Undang APBN 2012 yang menolak adanya kenaikan harga BBM. Pemerintah dan DPR harus memutuskan membatalkan ketentuan Pasal 7 ini agar harga BBM bisa dinaikkan.

Pemerintah menyebut akan memberikan kompensasi kepada rakyat yang terkena dampak langsung terkait kenaikan harga BBM. Pilihan menaikkan harga BBM bersubsidi, menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tidak lepas dari situasi perekonomian dunia yang memburuk. [ms]



MOST POPULAR