POST DETAIL

Senin, 20 Februari 2012 - 14:45

Ketua Muslimat NU: Indonesia Kaya, Tapi Aneh Rakyatnya Belum Sejahtera

Lamongan, Seruu.Com - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa menilai minyak di Blok Cepu agar dinikmati rakyat Jawa Timur, khususnya mereka yang tinggal di sekitar kawasan Blok Cepu.

"Kalau kekayaan alam kita sangat besar, tapi rakyat belum sejahtera, ya berarti salah urus," katanya  di hadapan ribuan orang pada pengajian akbar petik laut di Rukun Nelayan Desa Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Minggu malam (19/2).

"Papua punya gunung emas PT Freeport, tapi hasil kekayaan alam itu sampai sekarang belum mengalir ke kantong rakyat, sehingga kesejahteraan yang menjadi cita-cita bersama masih sebatas mimpi. Ketidakadilan itulah yang membuat Papua terus bergolak," katanya.

Ia mengaku dirinya sudah pernah datang ke "gunung emas" itu. "Kekayaannya luar biasa, tapi Kabupaten Timika masih termasuk daerah tertinggal," kata Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang juga Presiden Koperasi Asia Pasifik itu.

Hal yang sama juga dialami rakyat Nusa Tengara Barat yang mempunyai minyak, namun masyarakat setempat juga belum menikmati manfaat banyak dari kekayaan alam yang ada.

"Jawa Timur juga kaya. Bojonegoro, apalagi Cepu juga punya sumber minyak. Gresik juga kaya, tapi aneh rakyatnya belum sejahtera. Itu semua karena kebijakan yang tidak pro-rakyat," kata mantan politisi PPP dan PKB itu. [ant]



MOST POPULAR