POST DETAIL

Jumat, 3 Februari 2012 - 10:15

Penghasil Migas Usulkan Pemerintah Menambahkan Dana Hasil

Palembang Seruu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memperjuangkan penambahan pembagian hasil minyak dan gas (Migas) karena selama ini tidak sesuai dengan daerah penghasil.

Usulan penambahan pembagian hasil tersebut sudah sampai di pemerintah pusat yang diharapkan dapat terealisasi dalam waktu dekat ini, kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemerintah Provinsi Sumsel, Robert Heri di Palembang, Jumat (3/02/2012).

Sebagaimana Provinsi Sumsel bersama daerah penghasil Migas lainnya mengusulkan kepada pemerintah pusat adanya penambahan dana bagi hasil yang selama ini hanya 15 persen.

Lebih lanjut dia mengtakan, bahkan usulan penambahan bagi hasil tersebut sudah diproses di Mahkamah Konstitusi serta telah menghadirkan berbagai pihak yang berkepentingan.

Usulan penamabahan dana pembagian hasil itu sangat wajar karena daerah penghasil akan mengalami kerusakan lingkungan dan itu perlu perbaikan yang dananya dari pemerintah daerah, kata dia lagi.

Dana perbaikan lingkungan cukup besar sehingga penambahan tersebut sangat diperlukan, kata dia lagi.

Menurut dia, jadi wajar bila ada penambahan untuk pembagian hasil bagi Sumsel karena sumber daya alam di daerah ini cukup besar.

Oleh karena itu pihaknya mengusulkan kepada pemerintah pusat supaya daerah penghasil seperti Sumsel mendapat tambahan dana dalam pengambilan sumber daya alam tersebut, kata dia.

Potensi sumber daya alam di Sumsel cukup besar seperti minyak, gas, panas bumi serta batubara yang harus digali secara maksimal, tambah dia.[ant/ast]



MOST POPULAR